Rasakan Akses Nirkabel Pertama dari NSN

Sebuah terobosan baru diperkenalkan oleh Nokia Siemens Networks (NSN) yang menjadi vendor pertama pemublikasi akses nirkabel dengan standar baru.
Adalah energi Flexi EDGE Base Station yang berhasil menyabet penghargaan pertama. Teknologi ini dinilai sudah berjalan sesuai dengan spesifikasi teknis yang baru diterbitkan oleh European Telecommunication Standards Institute(ETSI).
 ETSI sendiri menerbitkan sebuah metode standar yang berguna untuk menganalisis efisiensi energi peralatan jaringan akses tanpa kabel. Pada akhirnya, kondisi ini akan memudahkan perbandingan performa jaringan dari vendor yang berbeda dengan tujuan mengurangi penggunaan energi operator.
Spesifikasi teknis yang digunakan tersebut bertujuan untuk menentukan konfigurasi referensi BTS dan tingkat beban, sehingga setiap orang dalam industri ini dapat mengukur konsumsi listrik BTS dengan cara yang sama. Spesifikasi ini memperhitungkan kondisi pengukuran yang berbeda seperti suhu, tekanan, dan kelembapan. Pembaca dapat menemukannya secara online di 

Pemakaian daya BTS Flexi EDGE ini terukur dalam konfigurasi umun, dengan tiga sektor dan empat carrier per sektor. Rata-rata mencapai 978 watt dalam operasional dasar. Dengan feature-feature penghematan energi software, kinerja tinggi dapat dipertahankan tetapi konsumsi data dapat dikurangi menjadi 833 watt. Khusus dalam beberapa kasus, konsumsi data dapat dipangkas menjadi 562 watt dengan konfigurasi dari dua, bukan empat, carrier per sektor.
Dalam kenyataannya, efisiensi energi sangat penting karena sekitar 90 persen dari konsumsi energi jaringan seluler yang berasal dari BTS.
 Prashant Agnihotri (head of GSM/EDGE Product Management, Nokia Siemens Networks), mengatakan bahwa NSN adalah perusahaan pertama yang melaporkan efisiensi energi akses jaringan nirkabel sesuai dengan spesifikasi ETSI. Adanya wadah ini, memungkinkan NSN  untuk dapat berdiskusi dengan para pelanggannya ke tingkat yang lebih konkret. Caranya yaitu dengan membandingkan seberapa besar daya yang dikonsumsi oleh produk NSN.

Refrensi : infokomputer

0 komentar:

Posting Komentar