COLLECTION

Sama dengan inkaso tetapi untuk collection menggunakan jasa bank koresponden luar negeri untuk menagihkan warkat-warkat yang diterima oleh seksi inkaso untuk ditagihkan.

Collection hanya dapat dilakukan oleh bank devisa karena yang memiliki jaringan keluar negeri hanyalah bank devisa.

Warkat-warkat yang dapat diinkasokan adalah :

Draft/wesel, yaitu : suatu perintah tanpa syarat dari bank penerbit kepada bank lain/koresponden untuk melakukan pembayaran sejumlah uang kepada orang / perusahaan yang namanya tercantum di draft / wesel tersebut pada waktu diajukan.

Travelers check, yaitu sejenis kertas erharga yang dikenal dan dipergunakan oleh masyarakat internasional sebagai alat tukar / alat pembayaran yang sah.

Treasury check, yaitu sejenis check yang dikeluarkan oleh duta besar negara tertentu.

Ada 3 macam cara collection :
1.Full collection/individual collection  Suatu proses collection dimana setelah hasil collection dikredit oleh bank koresponden ke rekening bank penagih, bank koresponden tidak dapat mendebet kembali rekening bank penerbit tersebut.
2.Cash collection  Jumlah hasil collection dikredit ke rekening bank penagih oleh bank koresponden pada waktu bank koresponden menerima warkat dari bank penagih. Bank koresponden tidak dapat mendebet kembali jika jumlah yang dikredit sudah mengendap di rekening bank penagih selama 15 hari kerja.
3.Cash Letter  hanya dapat diberikan kepada nasabah tertentu Karen bank koresponden berhak mendebet kembali rekening bank penagih dalam waktu 6 tahun.

0 komentar:

Posting Komentar