Pelatihan Web Menggunakan PHP


Pengenalan PHP

            Menurut dokumen resmi PHP, PHP singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor. Ia merupakan bahasa berbentuk script yang ditempatkan dalam server dan diproses di server. Dan hasil dari proses tersebut yang dikirim ke klien menggunakan browser.  Secara khusus, PHP dirancang untuk membentuk web dinamis. Artinya ia dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan permintaan terkini. Misalnya anda dapat menampilkan isi database kedalam website.

            Pada saat ini, PHP cukup populer sebagai piranti pemrograman web, terutama di lingkungan Linux, walaupun demikian, PHP sebenarnya juga dapat berfungsi pada server-server berbasis UNIX, Windows NT, dan Macintosh. Pada awalnya, PHP dirancang untuk diintegerasikan dengan web server Apache. Namun sekarang PHP dapat bekerja dengan web server lain seperti PWS, IIS, dan Xitami. Untuk mencoba PHP, anda tidak perlu menggunakan komputer berkelas tinggi, dengan hanya komputer biasa, anda bisa mempelajari dan mempraktekkan PHP.

Persiapan Instalasi

            Sebelum kita mempelajari PHP, maka kita harus mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan. Peralatan yang dimaksud adalah :
·         Seperangkat Komputer J (bisa desktop atawa laptop)
·         Web Server
·         Bahasa PHP
·         Database

            Sebagai catatan, anda bisa mempergunakan web server apapun. Bahkan sebelum saya memakai Apache, saya menggunakan web server IIS di komputer saya, namun untuk saat ini kita menggunakan Apache dulu ya.. biar nanti bila anda suatu saat migrasi ke Linux, maka sudah terbiasa menggunakan Apache. Apache yang kita gunakan adalah Apache Web Server Version 2.0.54. Untuk PHP yang kita gunakan adalah PHP Script Language Version 5.0.4. Kemudian database yang akan kita gunakan adalah MySQL Database Version 4.1.12a. Database bisa menggunakan yang lain, apabila anda sudah menguasai salah satu database terebut.. contoh Oracle, MSQL, Postgre SQL, bahkan NOTEPAD!!! Kemudian kita akan menggunakan Database Management bernama phpMyAdmin Database Manager Version 2.6.2-pl1, semuanya itu tergabung dalam paket installer bernama The AppServ Open Project - 2.5.4a for Windows

0 komentar:

Posting Komentar