Inovasi Sayur-sayuran

Cara baru untuk menikmati diet sehat
Sayur-sayuran selalu menjadi salah satu pilihan ya
Whole tomato salad. (C)Celeb de Tomato
Whole tomato salad. (C)Celeb de Tomato paling terkenal bagi orang-orang yang ingin memperbaiki kebiasaan makan mereka, dan sekarang penyajian sayur-sayuran di dalam bisnis kuliner mulai mendapatkan popularitas. Dari restoran yang menunya mengkhusukan diri pada suatu jenis sayuran sampai ke penganan yang menawarkan kue sayuran dan manisan lainnya, pemanfaatan sayur-sayuran yang innovatif menjadikan kebiasaan makan sayur-sayuran mulai memasuki gaya hidup masyarakat.
Specially selected grilled pork with tomato juice. (C)Celeb de Tomato
Specially selected grilled pork with tomato juice. (C)Celeb de Tomato
Kebiasaan memakan tomat nampaknya mulai mendapatkan kepopulerannya khususnya di Negara Jeapang. Di Jepang, tomat seringkali dimakan mentah-mentah pada salad, dan Variasi yang paling popular adalah varian yang memiliki isi yang padat dan rasa yang lebih kea rah manis daripada asam. Variasi yang lebih luas pada tomat sekarang sudah tersedia di toko-toko dewasa ini, seperti buah tomat yang memiliki kandungan gula yang tingi, dan para juru masak tela sibuk menciptakan cara unik menyajikan hidangan kepada para pecinta kuliner agar dapat menikmati masing-masing variasi rasa dan tekstur tomat itu. (Patut ditiru dan dikreasikan oleh kita sebagai bangsa agraris budaya makan sayur seperti ini -_o)
Green soybean cheesecake. (C)pâtisserie Potager
Green soybean cheesecake. (C)pâtisserie Potager
Celeb de Tomato adalah restoran di Tokyo yang menjadi populer berkat komitmennya untuk menyajikan hidangan tomat yang belum pernah dicicipi sebelumnya. Di sini para pengunjung dapat mencicipi berbagai jenis tomat, termasuk tomat hijau kecil, tomat putih, dan tomat hitam yang rasa manisnya terdapat sedikit rasa pahit. Dengan kata lain hidangan restoran ini menyajikan atau menyertakan tomat baik dalam menu pembuka, utama, bahkan menu penutup. Menu-menu terdapat hidangan salad tomat, hidangan laut dan daging pun menyertakan saus tomat segar, serta roti tomat. Salah satu yang menjadi menu andalan dalam hidangan penutup adalah tomat mentah brulee dan kue gulung dengan selai tomat bikinan sendiri.
Green asparagus and vanilla mousse. (C)pâtisserie Potager
Green asparagus and vanilla mousse. (C)pâtisserie Potager
Hidangan penutup dengan kalori yang sehat selalu menjadi pertimbangan utama ketika memakan kue dan manisan, dan ini adalah salah satu area lainnya dimana sayuran digunakan untu menciptakan hidangan sehat yang lezat. Patisserie Potager adalah toko kue berbasis sayuran yang dibuka di Tokyo, 2006. Toko ini mendukung para petani dan menyediakan pendidikan nutrisi melalui produknya, yang mana berdasarkan cara untuk untuk mencampurkan sayur-sayuran kedalam hidangan penutup, menjadi suatu experiment yang menghasilkan kreasi dengan berbagai rasa yang tidak terduga. Salah satu kekhasannya adalah kue bolu hijau yang dibuat dari komatsuna murni (komatuna : mayonnaise bayam Jepang) yang diapit dengan tomat dan krim segar, menjadi populer semenjak toko pertama kali dibuka. Kombinasi mengejutkan lainnya adalah kue keju yang dicampur dengan kacang kedelai hijau dan dua lapis asparagus hijau, dan juga saus vanilla yang terbungkus kue bolu the panggang.
Jus yang terbuat dari buah dan sayurang segar menjadi cara populer untuk para konsumen yang sadar akan kesehatan dalam menikmati konsumsi harian sayur-sayuran mereka. Kios jus segar menjamur dan menjadi pemandangan yang biasa di kota-kota besar. Salah satu jus yang untuk adalah jus bayam yang dicampur dengan melon dan jambu guava menjadi salah satu pilihan jus penuh nutrisi di kala sibuk-sibuknya dan kebanyakan orang mengkonsumsi suplemen dalam dietnya.
Daya tarik dari kacang kedelai dan tauge yang sehat juga mendapatkan sorotan oleh karena manfaat kesehatannya. Tauge telah lama digunakan dalam berbagai masakan Jepang – misalnya, digoreng dan sup miso. Sebagai tambahan sebagai makanan yang banyak mengandung potassium, vitamin c, serat, dan nutrisi lainnya; makanan tersebut sangat terjangkau harganya (*secara tauge getu lho… -_-;) dan bertambah popular akhir-akhir ini. Banyak fakta yang menunjukan bahwa buku panduan masak yang menyertakan berbagai resep dengan menggunakan tauge membuktikan kesukesanny, buku paduan tersebut terjual 100,000 kopi dalam setahun. Restaurant juga menambahkan tauge dalam menu mereka seperti sprout quiche dan sprout spring rolls (ya, ampun di Indonesia mah tauge Cuma dijual 500 perak ama tukang gorengan :p) That’s all folks!

0 komentar:

Posting Komentar