“Sejauh Mana Peran dan Pentingnya Organisasi dan Metode dalam Perusahaan”


Dalam mempelajari peran pentingnya Organisasi dalam Perusahaan terlebih dahulu kita mengenal pengertiannya. Organisasi adalalah sekumpulan orang yang bekerja sama yang mempunyai tujuan (misi dan visi)  yang sama dan mempunyai manajemen dan di setiap menajemen itu sendiri tidak pernah terlepas dari 4 hal ini di antaranya adalah: P,O,A,C
Yaitu:
·        Planing adalah Perencanaan
·        Organization adalah Pengorganisasi
·        Actuniety adalah Penepatan sesuai prosedur
·        Controling adalah Pengawasan

Definisi organisasi:
Menurut JOHN M.GOUS(tata hubungan antar orang-orang untuk untuk dapat memungkinkan tercapainya tujuan bersama dengan adanya pembagian tugas & dan bertanggung jawab atas tugasnya)
Menurut Chester I bernand( suatu system kegiatan bersama antar 1 orang dan lebih daro 2 orang,sesuatu sifat yang tidak berwujud &tidak bersifat berseorangan dan sebagian besar mengenai hubungan)
Menurut JOMES D.MOONEY( bentuk kerjasama manusia untuk pencapai tujuan bersama.
Sedangkan pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia adalah proses serta upaya untuk merekrut, mengembangkan, memotivasi serta mengevaluasi keseluruhan sumber daya manusia yang diperlukan perusahaan dalam pencapaian tujuannya.




Departemen SDM dalam struktur Organisasi dalam Perusahaan

Tahap-tahap atau Proses Manajemen SDM dalam perusahaan :
         Human Resource Planning : Merencanakan kebutuhan dan pemanfaatan SDM bagi perusahaan.
         Personnel Procurement : Mencari dan Mendapatkan Sumber Daya Manusia, termasuk didalamnya rekrutmen, seleksi dan penempatan serta kontrak tenaga kerja.
         Personnel Development : Mengembangkan Sumber Daya Manusia, termasuk didalamnya program orientasi tenaga kerja, pendidikan dan pelatihan.
         Personnel Maintenance : Memelihara Sumber Daya Manusia, termasuk di dalamnya pemberian insentif, jaminan kesehatan dan keselamatan tenaga kerja, pemberian penghargaan dan lain sebagainya.
         Personnel Utilization : Memanfaatkan dan mengoptimalkan Sumber Daya Manusia, termasuk didalamnya promosi, demosi, transfer dan juga separasi.
Perencanaan Sumber Daya Manusia adalah perencanaan strategis untuk mendapatkan dan memelihara kualifikasi sumber daya manusia yang diperlukan bagi organisasi perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan tersebut. Dibutuhkan Langkah-langkah Perencanaan SDM
(Cesto, Husted & Douglas)  antara lain :

         Langkah pertama: Representasi dan Refleksi dari Rencana Strategis Perusahaan
         Langkah Kedua: Analisa dari Kualifikasi Tugas yang akan diemban oleh Tenaga Kerja.
         Langkah Ketiga: Analisa Ketersediaan Tenaga Kerja
         Langkah Keempat: Melakukan Tindakan Inisiatif
         Langkah Kelima: Evaluasi dan Modifikasi Tindakan.



Kemudian dibutuhkan proses Penyediaan Tenaga Kerja antara lain :
·        Rekrutmen : upaya perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang diperlukan sesuai dengan kualifikasi yang telah ditetapkan dalam perencanaan tenaga kerja
·        Seleksi -:Penentuan tenaga kerja dari jumlah calon tenaga kerja yang akan digunakan perusahaan dalam proses rekrutmen

Kemudian proses Rekrutmen terbagi dalam 2 jenis :
         Rekrutmen Internal
        Proses untuk mendapatkan tenaga kerja atau SDM yang dibutuhkan dengan mempertimbangkan tenaga kerja yang sudah ada atau yang sudah dimiliki oleh perusahaan .
         Rekrutmen Eksternal
        Perusahaan mendapatkan tenaga kerja atau SDM yang akan ditempatkan pada suatu jabatan tertentu dengan memperolehnya dari luar perusahaan, atau seringkali dinamakan sebagai outsourcing .
         
Berikut merupakan Tahapan Seleksi Tenaga Kerja, ini terkait juga dengan Organisasi dalam sebuah perusaahn :
         Seleksi Administrasi
         Seleksi Kualifikasi
         Seleksi Sikap dan Perilaku
         Kompensasi
        Penghargaan yang diberikan perusahaan sebagai balasan atas prestasi kerja yang diberikan oleh tenaga kerja

 Lalu, Pemanfaatan Tenaga Kerja dalam Perusahaan :
         Benefit
        Penghargaan selain kompensasi yang diprogramkan bagi tenaga kerja dengan tujuan agar kebutuhan tenaga kerja tetap dapat terpelihara sehingga tenaga kerja dapat tetap memberikan kinerja yang terbaik bagi perusahaan
         Promosi
        proses pemindahan tenaga kerja ke posisi yang lebih tinggi secara struktural dalam organisasi perusahaan
        Demosi
        penurunan tenaga kerja kepada bagian kerja yang lebih rendah yang biasanya disebabkan karena adanya penurunan kualitas tenaga kerja dalam pekerjaannya
        Transfer
        memindahkan tenaga kerja ke bagian yang lain, yang diharapkan tenaga kerja tersebut dapat lebih produkti setelah mengalami proses transfer
        Separasi
        melakukan pemindahan lingkungan kerja tertentu dari tenaga kerja ke lingkungan yang lain

Pandangan atas Keragaman dalam Organisasi Perusahaan :
         Keragaman sebagai keunggulan kompetitif
         Keragaman sebagai sumber konflik

Mengelola Keragaman dalam Organisasi Perusahaan:
         Faktor Individu
         Peran Organisasi

Pengertian Manajemen Operasi :
         Rangkaian proses pengelolaan keseluruhan sumber daya perusahaan yang dibutuhkan dalam menghasilkan barang atau jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen. Operations Management is the process of managing the resources that are needed to produce organization’s goods and services (Dessler,2004)

Rancangan Sistem Produksi dalam Perusahaan :
         Rancangan produk (product layout)
         Rancangan proses(process layout)
         Rancangan posisi tetap (fixed-position layout)
         Rancangan model selular (cellular manufacturing layout)

Teknik Perencanaan dan Pengawasan Produksi :
         Penjadualan dan Bagan Gantt
         Perencanaan Jaringan dengan menggunakan PERT
         Berbagai teknik lainnnya

Manajemen Persediaan dalam Perusahaan  :
Pengertian Persediaan
        Persediaan sendiri adalah berbagai produk yang diperlukan perusahaan untuk melakukan proses produksi.
Terdapat 5 jenis konsep Persediaan :
        Bahan baku (raw-materials)
        Komponen (components)
        Produk dalam proses pengerjaan (work in process)
        Barang jadi (final goods)
        Barang pasokan (supplies).

Beberapa Teknik Manajemen Persediaan  dalam Organisasi Perusahaan.:
         Manajemen Persediaan ABC
         Manajemen Persediaan EOQ
         Berbagai teknik lainnya

Pendekatan dalam Pengawasan dan Pengendalian Produksi Perusahaan:
         Pendekatan Total Quality Management (TQM)
         Pendekatan Malcolm Balridge Award (MBA)
         Pendekatan lainnya

Metode Pengawasan dan Pengendalian Kualitas Produksi Perusahaan:
         Bagan pengendalian kualitas (quality control chart)
         Analisis pareto (pareto analysis)
         Diagram sebab-akibat (lebih dikenal dengan diagram fish-bone)

Produktifitas :
Pengertian adalah Ukuran sampai sejauh mana sebuah kegiatan mampu mencapai target kuantitas dan kualitas yang telah ditetapkan oleh standart dalam sebuah perusahaan. Nah didalam produktifitas inilah semua hasil akan nampak dari sebuah kerjasama yang didalamnya terdapat struktur organisasi perusahaan.

Jadi, Peran pentingnya organisasi dalam metode perusahaan niaga sangatlah penting, dikarenakan organisasi(manajemen) di dalam perusahaan adalah pengatur arus,arah,haluan,pedoman untuk meningkatkan kualitas hasil yang dicapai agar jadi lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar